Tantangan utama bisnis saat ini adalah memastikan keberlanjutan bisnis. Untuk mendapatkan keberlanjutan bisnis, diperlukan bisnis yang berkelanjutan (sustainable business) yaitu usaha bisnis untuk meminimalisir dampak negatif bagi sosial dan lingkungan agar kebutuhan generasi saat ini terpenuhi dan pada waktu yang bersamaan tidak mempengaruhi kebutuhan generasi yang akan datang.

Sustainable business diartikan juga dengan model bisnis dimana suatu perusahaan mengelola keuangan bukan hanya untuk kepentingan perusahaan saja, tetapi juga untuk kepentingan sosial dan lingkungan dengan tidak mengesampingkan kualitas yang baik untuk dapat bersaing di pasar. Berbeda dengan bisnis tradisional yang hanya berpikir dalam segi keuangan tanpa memikirkan dampak sosial dan lingkungan.

 

Kami dapat Membantu Perusahaan Anda

Layanan Kami dalam Membantu Keberlanjutan Bisnis

Untuk membantu Perusahaan Anda mewujudkan bisnis yang berkelanjutan, layanan yang kami berikan meliputi:

1. Perencanaan Keberlanjutan

2. Pelaksanaan CSR

3. Review dan Evaluasi

4. Manajemen Kinerja Keberlanjutan

5. Pelaporan Laporan Keberlanjutan berstandar internasional GRI (Global Reporting Initiative)

 

Apa itu Laporan Keberlanjutan?

Arti Laporan Keberlanjutan

Tahu kah Anda, bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui peraturannya nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan (LJK), Emiten dan Perusahaan Publik mulai mewajibkan setiap perusahaan tersebut untuk membuat laporan keberlanjutan yang dilaporkan kepada OJK setiap tahunnya. Pelaporan ini sudah efektif bagi LJK sejak 2017 dan menyusul tahun 2021 untuk bentuk perusahaan lainnya.

Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) tersebut dilakukan sebagai upaya pemenuhan kewajiban para palaku bisnis dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan di Indonesia. Berbeda dengan Annual Report perusahaan yang hanya membahas masalah keuangan saja, dalam laporan keberlanjutan pelapor harus membahas tiga unsur utama yaitu People, Planet dan Profit (3P).

 

Apa Manfaat Laporan Keberlanjutan Terhadap Bisnis yang Berkelanjutan?

Manfaat Laporan Keberlanjutan Terhadap Bisnis

Sebagai konsultan jasa penyusunan Sustainability Report, untuk pembuatan dokumen kami memberikan opsi pendekatan pelaporan. Terdapat tiga pendekatan pelaporan yaitu murni mengikuti POJK 51 2017, murni menggunakan standard internasional GRI atau dengan kombinasi keduanya.

Manfaat dari pelaporan Sustainability Report GRI sangat besar dampaknya terhadap suatu bisnis, yaitu:

1. Meningkatkan kinerja keberlanjutan.
2. Membangun kredibilitas sebagai korporasi yang berkomitmen dan efektif.
3. Memperkuat manajemen internal dan sistem pelaporan.
4. Meningkatkan strategi kebelanjutan dan pemilihan indikator target kinerja.
5. Meingkatakan manajemen risiko dan komunikasi invenstor.
6. Tolak ukur keberlanjutan suatu perusahaan atau bisnis yang menjadi salah satu aspek untuk mendapatkan investor potensial. Karena saat ini investor akan melihat, apakah suatu bisnis itu berkelanjutan atau tidak. Melalui laporan ini lah mereka dapat melihat dan menilainya.

 

Portofolio Client Project Laporan Keberlanjutan yang Sudah di Selesaikan

Selain sebagai konsultan penyusunan laporan keberlanjutan dan telah mendapat Certified Training Partner (CTP) dari GRI Belanda, kami juga menyediakan Pelatihan Penyusunan Laporan Keberlanjutan Berdasarkan POJK-51/2017 dan standar GRI baik in-house ataupun online.  Peserta yang mengikuti training ini, akan mendapatkan sertifikasi langsung dari GRI Belanda. Informasi lebih lanjut mengenai pelatihan, silahkan klik tombol dibawah ini

Ingin Membuat Laporan Keberlanjutan?

Kami siap menjadi partner Anda dalam menyusun laporan keberlanjutan, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, assessment, hingga cetak laporan untuk memenuhi Peraturan OJK. Jangan sungkan untuk menghubungi dan berkonsultasi dengan kami.